Sabtu, 26 Juli 2008

CATATAN PON XVII KALTIM

YANG TERSISA” DARI PON XVII 2008 KALTIM

Acungan jempol kepada seluruh stakeholder penyelenggaraan PON XVII 2008 di Kalimantan Timur, sebab perhelatan pesta olahraga nasional terbesar ini telah usai dilaksanakan dengan sukses. Persiapan yang dilakukan sejak ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai tuan rumah penyelenggaraan hingga detik-detik pertandingan berbuah manis. Perhelatan ini telah menyelesaikan seluruh agendanya sejak pembukaan pada tanggal 5 Juli yang dibuka langsung oleh Presiden RI, sampai penutupan pada tanggal 17 Juli yang ditutup secara langsung oleh Wapres RI. Ini menjadi sebuah bukti nyata desentralisasi yang telah berjalan dengan dinamis, bahwa Jakarta bukanlah satu-satunya Provinsi yang mampu menjadi tuan rumah perhelatan akbar. Bahwa kemampuan Provinsi lain juga ada, namun selama ini tidak diberi ruang yang memadai dalam menunjukkan kemampuannya. Dan ini terbukti dari PON XVII 2008 yang lalu masih hangat terasa bagi masyarakat Kalimantan Timur, bahwa Provinsi dari ujung barat hingga ujung timur memiliki kemampuan dan harus diberi ruang untuk meng-ekspresi-kannya. Dominasi pulau jawa selama ini, apalagi Jakarta telah meretas lukisan sejarah baru bahwa Kalimantan dan Sumatera telah menunjukkan diri. Hal ini terbukti dalam PON XVI 2004 serta PON XVII 2008 dan akan kembali ke Sumatera ( Riau ) pada PON XVIII 2012 mendatang.

Keraguan berbagai kalangan tentang kesiapan Kalimantan Timur sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XVII 2008 menjadi sorotan banyak media, terutama kesiapan Venue beberapa Cabang Olahraga yang masih dalam tahap pembangunan. Namun tekad untuk membuktikan kemampuan Kalimantan Timur, terjawab sudah. Bahwa keraguan itu tidak beralasan, sebab berbagai Venue yang megah telah digunakan dalam PON XVII 2008 tanpa rintangan yang cukup berarti. Meski tahap pembangunan Venue yang ada masih dalam perampungan, namun telah menunjang kesuksesan PON XVII 2008. dan telah mengharumkan nama Kalimantan Timur dalam kancah Olahraga di Indonesia.

Kesuksesan Kalimantan Timur pada target 5 besar perolehan medali tercapai, dengan posisi sebagai juara ketiga perolehan medali merupakan kesuksesan prestasi yang “Fantastic”. Dan semoga ini murni dari atlet-atlet lokal yang bertarung untuk Kalimantan Timur, bukan hasil kerja keras atlit “Impor” dari Pengda lain yang dibeli dengan harga Mahal. PON XVII 2008 menyisakan berbagai macam arena dan fasilitas olahraga yang megah dibanding provinsi lain, semoga dengan hadirnya arena baru dan megah ini. Kalimantan Timur mampu untuk lebih menampilkan prestasi yang lebih bagus dikancah kompetisi olahraga dalam negeri hingga Internasioanl. Semoga fasilitas tak hanya sebuah fasilitas perhelatan PON XVII 2008 semata, namun mampu menjadi sarana penggenjotan lahirnya atlet-atlet yang tangguh yang siap mengharumkan nama Kalimantan Timur. Tapi sangat disayangkan di banyak kebiasaan dinegeri ini, pembangunan selalu lebih mudah dari pada perawatan. Sehingga fasilitas yang sudah ada terkadang sulit untuk dijaga, dirawat dan dipelihara dan kemudian menjadi sebuah gedung tua yang tak berguna. Ketika akan diperlukan kembali, baru kemudian dirawat dan diperbaiki. Akankah fasilitas dengan uang rakyat ini akan terbengkalai begitu saja, semoga hal ini bukan sebuah bentuk penghambur-hamburan uang rakyat. Tetapi sebagai wujud keseriusan Pemprov dalam menggalakkan prestasi olahraga di Kaltim, untuk siap mengukir prestasi yang cemerlang. Selamat dan maju terus dunia olahraga kaltim, majulah prestasimu bersama majunya fasilitas olahraga yang baru dan megah.

Semoga perhelatan PON XVII 2008 tidak hanya meninggalkan sisa-sisa prestasi olahraga, namun mampu menyisakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Karena berada diarena PON XVII 2008, seakan kita telah berkeliling Indonesia dalam sekejab. Mampu menyisakan persahabatan dan persaudaraan. Dan mampu membuktikan sebuah paradigma baru, bahwa kemampuan SDM dan fasilitas daerah tak boleh menjadi sebuah alasan untuk memberikan kesempatan kepada provinsi manapun di negeri ini untuk “unjuk gigi’ dalam hal apapaun. Karena siapapun dan dimanapun, segenap warga negara dan wilayah hingga ke pelosok negeri ini memiliki hak dan kesempatan untuk tampil menunjukkan kemampuan dalam menyukseskan dan mengharumkan nama bangsa. Tak layak jika negara mengekang wujud kecintaannya pada negeri ini. Sampai jumpa PON XVIII 2012 di Riau, Kaltim siapkan atlitmu untuk menjadi yang terbaik di kancah PON XVIII 2012 di Riau. Kaltim harus bisa !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

@uthor : A G U S

0 komentar: