Sabtu, 26 Juli 2008

NDP PMII

PMII DARI KACAMATA NILAI DASAR PERGERAKAN ( NDP )

By : Agus

ketika berbicara Nilai Dasar Pergerakan, maka akan muncul PMII dalam benak kita sebagai warga pergerakan. Namun, tidak sedikit warga peregerakan yang masih gamang akan hal ini. Betapa tidak, Nilai Dasar pergerakan yang merupakan alat evaluasi warga pergerakan dalam melegitimasi dan memperjelas hal – hal yang harus dilakukan dalam mencapai cita-cita perjuangan sesuai dengan maksud didirikannya PMII. Nilai Dasar Pergerakan ( NDP ) merupakan sebuah kerangka, arti, maupun motivasi gerakan yang dibutuhkan dalam pergerakan “roda pergerakan”.

Pentingnya NDP bagi seluruh warga pergerakan perlu untuk dipahami dan diinternalisasikan secara personal dan bersama – sama. NDP adalah tali pengikat yang mempertemukan warga pergerakan dalam satu cita-cita perjuangan sesuai dengan tujuan organisasi. NDP merupakan sandaran organisasi dalam menegakkan tauhid dalam kehidupan sehari-hari, sebagai panduan nilai dalam berhubungan dengan Allah, dalam berhubungan dengan sesama manusia dan dalam berhubungan dengan alam.

NDP merupakan rumusan nilai-nilai yang diturunkan secara langsung dari ajaran islam serta kenyataan masyarakat dan negeri indonesia, dengan kerangka pendekatan ahlussunnah wal jama’ah. Dan senantiasa menjiwai seluruh aturan organisasi, memberi arah dan mendorong gerak organisasi, serta menjadi penggerak setiap kegiatan organisasi dan kegiatan masing-masing anggota. NDP adalah penegasan nilai watak keindonesiaan organisasi. Yang mewajibkan kepada warga pergerakan untuk tetap wajib memegang teguh komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan indonesia.

Melihat paparan diatas, betapa pentingnya NDP bagi warga pergerakan. Maka seyogyanya kita selaku warga pergerakan wajib untuk terus mengasah pemahaman ke-NDP-an kita. Sudah selayaknya kita menempatkan posisi NDP dalam keseharian warga pergerakan sebagai sebuah tuntunan dalam menjalankan pergumulan ke-organisasi-an, menuju cita-cita organisasi.

Hal ini yang menjadi alasan Sahabat pergerakan Metro yang bersikukuh untuk menjadikan PMII pada ruhnya, melihat adanya pembelokan makna NDP dalam perjalanan organisasi selama ini. Melalui tulisan singkat ini, saya “angkat topi” kepada seluruh kader pergerakan yang masih teguh menggenggam PMII sebagai pilihan dalam banyak pilihan. Sekali berikrar atas nama PMII, maka pantang untuk berpaling kelain “hati”. PMII memang memiliki dinamika yang unik dan harus terus bertransformasi menuju kesejatian PMII yang tercinta. Salam persahabatan kepada SAHABAT pergerakan, Bravo To PMII Metro. Salam pergerakan dalam kesatuan jiwa, jiwa PMII.

0 komentar: