Sabtu, 26 Juli 2008

Sekilas mengenal PMII

SEKILAS MENGENAL PMII

Sejak berdiri pada 17 Juli 1960, PMII ( Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ) adalah organisasi ekstra kampus. Organisasi kemahasiswaan yang membuka diri kepada segenap kaum intelektual, untuk bergabung dalam organisasi kemahasiswaan yang berlandaskan Aswaja ( Ahlussunnah Wal Jama’ah ), Pancasila dan UUD 1945 serta Nilai Dasar Pergerakan ini.

Makna Filosofis yang terkandung dalam PMII, yaitu :

  1. Pergerakan adalah dinamika dari hamba ( Makhluk )Allah Swt yang senantiasa bergerak menuju tujuan idealnya untuk memberikan bagi alam sekitarnya. Selain itu, makna pergerakan dalam hubungannya dengan organisasi mahasiswa. Pergerakan adalah menuntut upaya sadar untuk membina dan mengembangkan potensi ketuhanan dan potensi kemanusiaan agar gerak dinamika menuju tujuannya selalu berada di dalam kualitas kekhalifahannya.
  2. Mahasiswa adalah golongan generasi muda yang menuntut ilmu di perguruan tinggi yang mempunyai identitas diri.
  3. Islam adalah agama yang dipahami dengan haluan/paradigma Ahlussunnah wal Jamaah yaitu konsep pendekatan terhadap ajaran agama islam secara proporsional antara Iman, islam dan Ihsan yang didalam pola pikir, pola sikap dan pola prilakunya tercermin sifat – sifat selektif, akomodatif, dan integratif.
  4. Indonesia adalah masyarakat, bangsa dan negara Indonesia yang mempunyai falsafah dan ideologi bangsa ( Pancasila serta UUD 45 dengan kesadaran kesatuan dan keutuhan bangsa dan negara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke yang diikat dengan kesadaran wawasan nusantara.

( Kader PMII METRO TENGGARONG KUKAR )

0 komentar: